5 Alasan Kenapa Helm Penting Selain Aman Dari Polisi

0

Hello lagi riders, ngomongin lagi nih seputar helm, tapi kali ini lebih membahas tentang safety perspectivenya menggunakan helm! Tentunya terkadang masih ada beberapa orang yang tidak menyadari pentingnya hal ini, maka dari itu saya kepikiran untuk menulis topik tentang kenapa helm penting terutama selain “aman” dari polisi. Yuk disimak riders, 5 keamanan menggunakan helm!

Mengapa menggunakan helm itu penting

Aman Dari Benturan Eksternal

Hal yang sudah paling utama kenapa helm motor itu diciptakan adalah menjadi pelindung bagian kepala dari berbagai benturan, karena kepala merupakan salah satu bagian yang sangat vital pada tubuh kita dan benturan kecil sampai besar pun memiliki kemungkinan untuk mencederai pengendara motor dan (amit-amit) yang paling parahnya adalah kematian.

Lapisan Helm SHOEI X12

Jika diperhatikan, itulah mengapa struktur helm itu sendiri memiliki lapisan-lapisan yang berfungsi untuk menjaga kepala dari kontak langsung dengan objek lain serta juga meredupkan kekuatan benturan dari luar. Dan walau terdengar kuat dan tebal, riders akan tetap merasa nyaman menggunakan helm karena di dalamnya terdapat bagian lapisan yang empuk.

Dengan bagian-bagian inilah, lapisan luar shell akan “mengorbankan diri” untuk kontak langsung dengan objek luar (yang memiliki kemungkinan untuk lecet & retak), lapisan helm bagian tengah yang akan meredupkan/mengurangi efek dan kekuatan benturan, dan lapisan padding helm bagian dalam yang akan memberikan kenyamanan dan keempukan bagi kepala riders.

Walaupun menggunakan helm half-face sudah cukup, riders disarankan untuk membiasakan diri menggunakan helm full-face karena memiliki proteksi yang lebih maksimal di bagian dagu riders.

Aman Dari Air Hujan atau Air Lainnya

Apakah riders terkadang menyadari jika air hujan atau air lainnya masuk ke dalam helm itu membuat riding terasa kurang nyaman? Salah satu yang dapat menyebabkan riding menjadi berbahaya adalah ketika air tersebut masuk ke dalam mata kita karena dapat mengganggu penglihatan dan konsentrasi.

Nah, dengan menggunakan helm, tentunya kita akan terlindungi dari air yang berusaha masuk ke dalam helm yang entah itu dari hujan, cipratan genangan, atau sumber lainnya. Untuk perlindungan yang maksimal, riders juga disarankan menggunakan kaca yang bening sehingga pandangan tetap jelas walau hujan dan juga balaclava untuk menyerap keringat di kepala.

Aman Dari Debu dan Kerikil

Hal lainnya yang juga dapat mengganggu penglihatan dan konsentrasi riders saat mengendarai motor adalah debu & kerikil. Sama halnya dengan air, bilamana debu masuk ke dalam mata, pastinya akan membuat gatal dan secara refleks kita akan menutup bagian mata tersebut.

Dengan menggunakan helm, bagian kepala pun akan terlindungi dari hal-hal yang kecil seperti ini yang lebih sulit terlihat dibandingkan air. Untuk perlindungan maksimal, riders juga disarankan menggunakan balaclava atau masker sehingga mengurangi jumlah debu yang dihirup oleh riders. Harus jaga kesehatan dan kebersihan juga, riders!

Memakai-helm-itu-penting

Debu saja bisa membahayakan kita sampai seperti itu, apalagi kerikil atau batu? Tentunya objek yang lebih besar tidak hanya mengganggu konsentrasi, tetapi juga dapat melukai kita! Saya pun tidak jarang mendapati kerikil-kerikil terpental ke helm dari kendaraan lain seperti truk yang mengangkut batu-batuan. Untung pake helm! 🙂

Aman Dari Hembusan Angin

Ini adalah objek yang lebih kecil dan sulit disaradi lagi dari air, debu, dan kerikil, yaitu angin! Saat riding dengan kecepatan tinggi atau riding dengan kecepatan rendah tapi angin sedang kencang, tentunya ini akan mengganggu konsentrasi riders. Salah satu efek yang dapat dirasakan adalah mata yang kering karena angin.

Mirip dengan efek debu masuk ke mata, riders akan merasakan pedih karena mata menjadi kering akibat hembusan angin, dan di situ refleks riders pada biasanya juga mengedipkan matanya sehingga membuat konsentrasi riding menjadi hilang dan dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Aman Dari Panasnya Matahari

Nah, untuk yang satu ini memang hanya dapat terjadi di pagi hingga sore hari, tetapi bukan berarti menjadi obyek yang tidak perlu diperhatikan dalam berkendara. Terangnya sinar matahari tentunya dapat membuat pandangan riders menjadi terganggu.

Tanpa adanya helm (berkaca gelap atau dengan double visor) akan membuat riders harus membuka mata seminim mungkin karena tidak dapat menahan teriknya matahari yang tentunya dapat membahayakan kita saat riding.

Selain itu, menggunakan helm yang baik juga dapat melindungi rambut dan wajah kita dari kontak langsung sinar ultravoilet yang dapat merusak kulit kepala dan rambut kita riders! Bagaimana pun juga, kebersihan dan kesehatan kita juga hal yang harus dijaga juga!

Pentingnya Helm Sudah Tidak Boleh Diabaikan

Jadi, begitulah riders kenapa helm itu penting dan mengapa Inside Helmet sangat mengedepankan keselamatan riding terutama di bagian kepala. Bagian inilah yang sangat fatal jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan menggunakan helm adalah cara yang terbaik untuk menjaganya.

Mind set yang membuat para pengendara menggunakan helm karena polisi adalah salah besar! Justru polisi menjadi ketat dan harus menilang pengendara nakal yang tidak menggunakan helm karena itu adalah keselamatan yang harus diperhatikan baik-baik.

Kenapa helm itu penting

Mau beli makanan atau hanya riding jarak dekat, alangkah baiknya kita harus tetap menggunakan (paling minimal) helm apalagi kalau harus melalui jalan raya. Jarak dekat saja sudah ada kejadian fatal yang menimpa keluarga aktor di Indonesia, apalagi kalau harus jauh?

Karena terkadang kita sudah berhati-hati, orang lain lah yang kurang berhati-hati dan menyebabkan musibah kepada riders, dan menggunakan helm adalah salah satu cara menyayangi diri dari akibat-akibat fatal tersebut. Semoga bermanfaat rides! Enjoy and ride safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here